Al-Mu’allim RDQ-15 Audio Haji + 30 Juz Al-Qur’an + MP3 + Speaker


  ( TASK PSIKOLOGI KONSUMEN II)

Nama : Dwi Utami
Kelas : 4 Pa-06
NPM : 10507063


Sumber : Koran Kompas (KLASIKA) Senin, 12 Juli 2010

RDQ-15 adalah perangkat peraktis dan modern yang memuat seluruh rangkaian doa dalam bahasa Arab dan Indonesia untuk digunakan selama proses ibadah haji dan umrah. RDQ-15 merupakan audio haji pertama yang di lengkapi dengan fitur MP3 hingga anda juga dapat menggunakan Nasyid, Al-Qur’an 30 juz lengkap, ceramah, dan lainnya dengan kualitas suara stereo yang baik. Terdapat buku tuntuan doa lengkap dengan bahasa Arab dan Indonesia. RDQ-15 juga dilengkapi dengan slot Micro SD, speaker internal, earphone, pita gantungan, batrei rechargeable, dan charger juga bergaransi 1 tahun. Hadir di Gramedia seluruh Indonesia. (*/INO).
Konsumen sekarang semakin tidak mudah diprediksi bahkan mereka menjadi semakin kritis. Semakin menuntut dan tidak mudah puas menjadi ciri konsumen di era global. Dunia yang semakin global menjadi semakin banyak pilihan. Interaksi konsumen dengan strategi pemasaran berbagai produk dan merekpun tak terhindarkan.
Konsumen yang dinamis dan interaksinya dengan aspek lain dalam proses pengambilan keputusan, pembelian begitu unik dan menarik untuk dipelajari. Keragaman ini menciptakan variasi dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Sehingga produk tersebut masih di incar banyak konsumen dipasar. 
Sikap positif pada merek hanya dapat ditumbuhkan jika konsumen yakin bahwa merek memiliki atribut dan manfaat yang mampu memuaskan kebutuhan mereka. Dalam proses penciptaan sikap positif terhadap merek, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan oleh Pemasar di antaranya:
1.      Menciptakan berbagai aktivitas pemasaran yang menitik beratkan pada factor kepuasan pelanggan. Dalam proses penciptaan sikap terhadap merek, konsumen melakukan interpretasi berbagai informasi yang disajikan oleh merek melalui berbagai media, kemudian informasi tersebut akan di evalusi dan diintegrasikan (Anderson, 1981). Proses tersebut terjadi selama konsumen menggunakan produk sehingga dan pemasar harus dapat menumbuhkan perasaan puas pada konsumen pada saat memakai produk tersebut sehingga perasaan puas itu akan menciptakan sikap yang positif terhadap merek. Secara empirik, Cronin & Taylor (1992) juga Grace dan O’Cass (2004) berhasil membuktikan bahwa kepuasan konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terbentuknya sikap positif konsumen terhadap merek.
2.      Ketika pemasar berhadapan dengan konsumen dengan tingkat keterlibatan yang cukup tinggi sebaiknya pemasar cukup mendisain spanduk kecil umumnya lebih efektif mempengaruhi sikap konsumen pada merek dari pada sepanduk besar karena tipe konsumen semacam ini telah memiliki dorongan yang besar untuk bersikap positif pada merek (Euijin, 2001).
3.      Merancang dan mengkomunikasikan kepribadian merek yang sesuai dengan konsep diri target konsumen. Konsumen seperti halnya sifat manusia pada umumnya akan lebih bersifat positif pada merek yang memiliki persamaan kepribadian dengan dirinya. Pemasar harus mengupayakan kecenderungan ini agar dapat tumbuh dalam diri konsumen.

Daftar Pustaka :
1.       Koran Kompas. Klasika. Edisi Senin, 12 Juli 2010 .
2.       Erna, F. (2008). Merek dan psikologi konsumen. Edisi pertama . Yogyakarta . PT. Graha ilmu.

Psikologi Konsumen


Nama   : Dwi Utami
NPM   : 10507063
Kelas   : 4 PA 06
Psikologi Konsumen

1.      Pengertian Psikologi Konsumen?
Psikologi Konsumen adalah
Manusia yang berkemauan dan berkecerdasan karenanya di mungkinkan terjadi proses mental yang sifatnya abstrak di dalam dirinya.
2.      Perilaku Konsumen dari sudut pandang psikologi?
Membantu dalam memahami proses-proses psikologi yang sifatnya individual seperti kepribadian, motivasi, persepsi, proses belajar, sikap dan dinamika kelompok yang berpengaruh terhadap prilaku konsumen.
3.      Apa yang di maksud dengan konsumsi, konsumen, konsumtif dan konsumerisme ? Berikan masing-masing contohnya?
a.       Konsumsi: suatu aktifitas memakai atau menggunakan suatu prosuk barang atau jasa yang di hasilkan oleh para produsen. Perusahaan atau perseorangan yang melakukan kegiatan konsumsi di sebut konsumen.
b.      Konsumen: Manusia yang berkemauan dan berkecerdasan karenanya di mungkinkan terjadi proses mental yang sifatnya abstrak di dalam dirinya.
c.       Konsumtif (consumtive): Boros atau perilaku yang boros, yang mengonsumsi barang atau jasa secara berlebihan. Dalam artian luas konsumtif adalah perilaku berkonsumsi yang boros dan berlebihan, yang lebih mendahulukan keinginan daripada kebutuhan, serta tidak ada skala prioritas atau juga dapat di artikan sebagai gaya hidup yang bermewah-mewah.
d.      Konsumerisme: Dapat di artikan sebagai gerakan yang memperjuangkan kedudukan yang seimbang antara konsumen, pelaku usaha dan negara dan gerakan tidak sekadar hanya melingkupi isu kehidupan sehari-hari mengenai produk harga naik atau kualitas buruk, termasuk hak asasi manusia berikut dampaknya bagi konsumer.
4.      Pengaruh lingkungan terhadap prilaku konsumen? Berikan contohnya?
Pengaruh lingkungan terhadap prilaku konsumen:
Lingkungan mempunyai peranan penting dalam psikologi konsumen. Melalui lingkungan kita bisa mendapatkan informasi- informasi (komunikasi) yang akan menyediakan dan dapat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan konsumen, dan selera pasar. Adapun bentuk dari komunikasi dari mulut ke mulut, komunikasi pemasaran dan lintas kelompok. Lingkungan yang berupa adalah lingkungan sosial budaya seperti keluarga,kelas sosial, sumber-sumber informal dan komersial, budaya, sub budaya.
Contohnya:
Iklan obat sakit kepala karena migraine seperti Pol dan Mig, yang secara berulang dan rutin menampilkan tayangan penderita sakit kepala akan menimbulkan keyakinan dalam benaknya bahwa merek Pol dan Mig memang memiliki kemampuan untuk meredakan sakit kepala karena migraine. Sehingga pada saat konsumen berada dalam situasi sakit kepala migraine secara otomatis ingatannya akan mengacu pada icon Pol dan Mig.

Dapus :
1.      Perilaku konsumen: implikasi pada stategi pemasaran / Tatik Suryani. Edisi pertama : yoyakarta:2008, graham ilmu.
2.      Perilaku konsumen: implikasi pada stategi pemasaran / Erna Ferrianadewi. Edisi pertama : yoyakarta:2008, graham ilmu.